Jokowi Minta Lampung Pacu Pertanian, Perkebunan dan Perikanan

Ameidyo Daud Nasution
6 Maret 2017, 13:34
sawit
Arief Kamaludin | Katadata

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta tiap provinsi berfokus mengembangkan sektor unggulan masing-masing untuk mengembangkan ekonominya. Untuk Lampung, ia melihat potensi itu ada pada sektor pertanian, perkebunan, serta perikanan.

Jokowi menyebut, tahun lalu sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan telah menyumbang 31,4 persen Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Lampung. Angka itu lebih tinggi ketimbang sumbangan sektor industri pengolahan yang sebesar 18,8 persen PDRB.

“Saya yakin untuk ke depan perekonomian Provinsi Lampung akan bisa tumbuh lebih cepat dengan catatan betul-betul bisa fokus bekerja menggarap apa yang menanti di sektor unggulan mengembangkan apa menjadi core bisnisnya,” kata Jokowi saat rapat terbatas pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Provinsi Lampung di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/3).

(Baca juga: Fokuskan Potensi Daerah, Jokowi Contoh Wisata Golf di California)

Jokowi mengatakan tingkat pertumbuhan ekonomi Lampung tahun lalu bisa mencapai 5,15 persen atau berada di atas angka pertumbuhan ekonomi nasional. Namun angka kemiskinan provinsi tersebut masih mencapai 13,8 persen.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...