Sidang ke-13, Ahok Hadirkan Kakak Tirinya Sebagai Saksi Meringankan

Pingit Aria
7 Maret 2017, 10:02
No image
Terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama mengikuti sidang lanjutan beragenda mendengarkan keterangan saksi-saksi yang meringankan terdakwa di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (7/3).

Basuki Tjahaja Purnama akan menjalani sidang ke-13 dalam kasus penodaan agama. Berbeda dengan sidang-sidang sebelumnya yang menghadirkan saksi dari jaksa, hari ini untuk pertama kalinya Ahok akan menghadirkan saksi yang meringankan dirinya.

“Tiga saksi yang kami hadirkan,”  kata anggota tim kuasa hukum Ahok, Ronny Talapessy, Selasa, (7/3).

Di antara ketiga saksi tersebut ada Analta Amier merupakan kakak angkat Ahok. Selain itu ada Wakil Rektor Universitas Darma Persada Jakarta Eko Cahyono dan Bambang Waluyo yang merupakan Wakil Ketua Tim Pemenangan Ahok-Djarot di Pilkada DKI 2017.

(Baca juga: Jadi Saksi Ahli di Sidang Ahok, Rizieq Bahas Surat Al-Maidah)

Selain itu, Bambang juga merupakan politisi Partai Golkar yang  ikut hadir saat Ahok menyitir surat Al Maidah 51 di Pulau Pramuka pada 27 September 2016 lalu. “Bambang, Amier, maupun Eko semuanya merupakan saksi fakta,” kata Ronny.

Seperti yang sudah-sudah, sidang digelar di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta mulai pukul 09.00 pagi.

Persidangan hari ini bertepatan dengan hari pertama kampanye putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. Untuk itu, Ahok yang merupakan calon petahana pun mengajukan cuti dari jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

(Baca juga:  Tiba Lebih Cepat, Raja Salman Disambut Jokowi dan Disalami Ahok)

Ahok yang berpasangan dengan Djarot Saiful Hidayat kini sedang bertarung untuk kembali mempimpin Jakarta di periode kedua, 2017-2022. Di putaran kedua ini, ia  akan bersaing dengan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...