Indonesia Gaet Kenya untuk Kembangkan Industri Pesawat

Image title
7 Maret 2017, 11:33
Dirgantara Indonesia (PT DI)
Katadata | Arief Kamaludin

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendorong kerja sama dengan negara-negara strategis di Afrika. Di antaranya kerja sama dalam bidang industri pesawat dengan Kenya dan dengan Mauritius dalam bidang maritim.

Dalam pertemuan bilateral dengan Cabinet Secretary for Foreign Affairs and International Trade dari Republik Kenya, Amina C. Mohamed, Retno menyampaikan keinginan Indonesia meningkatkan kerja sama bilateral di bidang industri stategis pesawat terbang.

Advertisement

Ia menyebut, selama ini produk dan layanan industri pesawat terbang Indonesia mendapatkan respons positif di beberapa negara Sub Sahara, terutama Kenya. “Produk dan servis industri strategis Indonesia, seperti pesawat CN235 mendapat apresiasi yang baik,” kata Retno di sela KTT IORA di Jakarta, Senin (6/3) malam.

(Baca juga: Indonesia Tawarkan Investasi di Lima Sektor Industri ke IORA)

Untuk meningkatkan kerjasama perdagangan kedua negara. Indonesia dan Kenya sepakat untuk membentuk Sidang Komisi Bersama. Sidang Komisi Bersama akan menjadi forum bisnis untuk membahas kerjasama perdagangan antara kedua negara.

Sekedar informasi, total perdagangan bilateral Indonesia dan Kenya pada 2016 mencapai US$ 210,80 juta dan menempatkan Kenya sebagai mitra dagang Indonesia terbesar ke-6 di Afrika Sub-Sahara.

Grafik: Produksi Perikanan Tangkap, Samudera Hindia Sebelah Selatan Jawa Hingga Sebelah Selatan Nusa Tenggara, Laut Sawu dan Laut Timor Bagian Barat (WPP 573) 2009 - 2013
Produksi Perikanan Tangkap, Samudera Hindia Sebelah Selatan Jawa Hingga Sebelah Selatan Nusa Tenggara, Laut Sawu dan Laut Timor Bagian Barat (WPP 573) 2009 - 2013

Adapun dengan Mauritius kerja sama yang didorong yakni dalam penerapan teknologi canggih penginderaan jarak jauh industri perikanan. Selain itu, kedua Negara juga membahas rencana kerja sama dalam pemberantasan kejahatan lintas negara melalui laut.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement