Biayai Bumiputera, Evergreen Hidupkan Lagi Rights Issue Jumbo

Martha Ruth Thertina
8 Maret 2017, 13:32
bursa saham
Agung Samosir|KATADATA

PT Evergreen Invesco Tbk (GREN) kembali menggulirkan rencana penerbitan saham baru alias rights issue bernilai jumbo. Padahal, pada akhir tahun lalu, rencana aksi korporasi dengan target dana Rp 30 triliun itu sempat dibatalkan untuk menyelamatkan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera.

Mengacu pada surat keterbukaan informasi yang dilansir di situs Bursa Efek Indonesia, Evergreen berencana menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu (8/3) siang ini. Agendanya adalah memperoleh persetujuan pemegang saham untuk menerbitkan saham baru.

Bila disetujui pemegang saham, induk usaha perusahaan asuransi baru PT Asuransi Jiwa Bumiputera ini bakal menerbitkan sebanyak 50 miliar saham baru dengan efek dilusi mencapai 91,4 persen. Rights issue tersebut diperkirakan bakal digelar Mei mendatang.

Rencananya, dana dari hasil hajatan itu bakal digunakan, di antaranya untuk pengembangan usaha anak perusahaan. “Pengembangan usaha perusahaan anak dan/atau pembayaran kembali pembiayaan yang diperoleh dari pihak ketiga,” kata manajemen Evergreen dalam surat pengumuman itu.

Sayangnya, belum ada penjelasan mengenai besaran nilai rights issue tersebut. Namun, jika mengacu harga saham emiten berkode GREN saat ini sebesar Rp 200 per saham dan jumlah saham baru yang diterbitkan sebanyak 50 miliar, maka rights issue tersebut berpotensi meraup dana Rp 10 triliun.

Katadata sempat mengonfirmasi nilai rights issue  kepada Sekretaris Perusahaan Wiwi Novianti. Namun, dia tak mau menjawabnya. Wiwi hanya memastikan bahwa RUPSLB bakal digelar Rabu (8/3) ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...