Belanja Negara Terbatas, Darmin Yakin Ekonomi Kuartal I Tak Jelek

Desy Setyowati
13 Maret 2017, 11:52
Pelabuhan ekspor
Katadata

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memperkirakan pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh lima persen di kuartal I 2017. Proyeksi ini lebih tinggi dibandingkan realisasi pertembuhan pada periode sama tahun lalu, yang hanya mencapai 4,92 persen.

Darmin mengatakan hambatan perekonomian tahun ini masih sama dengan tahun lalu, yakni belanja yang terbatas lantaran penerimaan yang minim. Namun, dia masih yakin ekonomi tahun ini akan membaik lantaran disokong oleh peningkatan konsumsi masyarakat, kinerja ekspor, dan investasi swasta. 

“Tapi saya lihat kok kuartal I enggak jelek, masih lebih baik dari tahun lalu. Dulu (pertumbuhan ekonomi) 4,92 persen, sekarang bisa lima persen (di kuartal I-2017),” ujar dia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (10/3) pekan lalu. (Baca juga: Konsumsi Meningkat, BI Pantau Laju Ekonomi Sesuai Target)

Lebih jauh, ia menjabarkan, kinerja ekspor membaik seiring dengan naiknya harga beberapa komoditas. Dengan demikian, nilai ekspor pada kuartal 1 2017 diperkirakan lebih baik dibanding periode sama tahun 2016 yang turun 3,9 persen. Di sisi lain, musim panen yang terjadi pada kuartal I 2017 juga mendorong pertumbuhan sektor pertanian.

Sebelumnya, Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo juga menyatakan keyakinannya bahwa pertumbuhan ekonomi tahun ini masih sesuai target yakni 5-5,4 persen. Tekanan inflasi akibat kenaikan harga-harga yang diatur pemerintah (administered prices) diklaim belum memengaruhi daya beli masyarakat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...