Menteri Susi Buka Galeri Ribuan Harta Karun Laut di Kantornya

Image title
14 Maret 2017, 09:59
Pameran Barang Muatan Kapal Tenggelam
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pengunjung mengamati barang koleksi Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) yang dipamerkan di Galeri BMKT, Gedung Mina Bahari IV, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Selasa (14/3).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meresmikan Galeri Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta. Ada sekitar 1.500 item “harta karun” yang kini dipamerkan secara terbuka untuk masyarakat.

Susi mengatakan harta karun muatan kapal tenggelam yang ditemukan ini merupakan bagian dari identitas Indonesia sebagai negara maritim. “Nilainya tidak boleh dihitung dengan rupiah, tapi sebagai sejarah yang enggak ada nominalnya. Ini bagian dari bangsa kita," kata Susi saat meresmikan Marine Haritage Gallery di Gedung Mina Bahari IV Lantai 2, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (13/3).

Advertisement

Di antara ribuan item yang dipajang, galeri ini juga menyimpan beberapa koleksi langka seperti vas Liao dari abad ke 10 dan botol hijau dari Dinasti Fatimiyah. Selain itu, ada juga produk massal, seperti guci, kendi, piring, hingga mangkuk-mangkuk keramik.

(Baca juga:  Sidak Menteri Susi Temukan Praktik Manipulasi Kapal)

Susi mengatakan galeri ini bukan sekadar sebuah ruang, melainkan pesan tanggung jawab pemerintah untuk membawa kekayaan bahari agar lebih dekat kepada masyarakat.

“Sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, rasanya tidak ikhlas membiarkan begitu saja, seperti tidak memiliki sejarah. Dan Galeri ini bagian dari sejarah kita”, katanya.

Oleh karena itu, ia juga mengajak para kolektor agar dapat bersama memikul tanggung jawab tersebut. Para kolektor diminta untuk meminjamkan koleksinya pada pemerintah untuk ditampilkan ke publik.

Perairan Indonesia diyakini menyimpan banyak barang muatan kapal tenggelam. Sebab, ada banyak jalur pelayaran strategis di perairan Indonesia yang sejak dulu dilalui kapal-kapal besar.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement