Pemerintah Bentuk Badan Kelolaan Dana Haji, Anggito Calon Anggota

Ameidyo Daud Nasution
14 Maret 2017, 07:00
Manasik Haji
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot

Nama Anggito Abimanyu masuk dalam daftar calon pejabat di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang akan dibentuk pemerintah. Anggito sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Kementerian Agama.

Hal itu dinyatakan oleh Ketua Panitia Seleksi BPKH Mulya Effendi Siregar. "Kami sampaikan ke Presiden dan akan diteruskan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk ditetapkan 5 anggota Dewan Pengawas," katanya di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/3).

Di BPKH, Anggito terdaftar sebagai calon anggota Badan Pelaksana Bidang Penelitian dan Pengembangan. Untuk menduduki jabatan itu, ia harus bersaing dengan Donny Nuriawan.

(Baca juga:  Sri Mulyani Harap Kenaikan Investasi Arab Saudi dan Kuota Haji)

Anggito dua tahun lalu sempat diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji di Kementerian Agama tahun 2012-2013. Namun Mulya menjelaskan secara tersirat bahwa pihaknya telah melakukan konfirmasi langsung kepada KPK dan dimintakan klarifikasi langsung kepada yang bersangkutan.

"Jadi kami lakukan tabayyun dan bukan membaca laporan lalu kita putuskan tidak lolos. Apalagi status mereka umumnya saksi," kata Mulya.

Mulya menyebut total ada 14 orang calon Anggota Badan Pelaksana dan 10 orang calon Anggota Dewan Pengawas BPKH yang diajukan ke Jokowi. Berikut beberapa nama calon pejabat BPKH yang dinominasikan kepada Jokowi :

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...