Jokowi Siap Bagikan 21,7 Juta Hektare Lahan ke Masyarakat

Ameidyo Daud Nasution
15 Maret 2017, 12:43
Lahan petani
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Petani menyiram tanaman di sebuah lahan kawasan Rawasari, Jakarta, Jumat (10/3). Lahan kosong tersebut dimanfaatkan petani untuk bercocok tanam.

Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah siap membagikan lahan seluas 21,7 juta hektare ke masyarakat. Jokowi mengatakan program ini merupakan bagian dari reformasi agraria serta redistribusi aset yang akan dilakukan pemerintah.  

Hal tersebut dikatakan Jokowi usai bertemu dengan pimpinan lembaga negara di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (13/3). “Kami harap dapat mengurangi kesenjangan yang ada di masyarakat,” kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden.

Jokowi menjelaskan, lahan yang akan dibagikan tersebut terdiri dari 12,7 juta hektare yang disiapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan 9 juta hektare dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN).

(Baca juga:  Sertifikasi Hutan, Dua Perpres Reformasi Agraria Segera Terbit)

Dalam pertemuan dengan para pimpinan lembaga negara, Jokowi banyak menjelaskan tentang kebijakan pemerataan ekonomi pemerintah. Presiden menjelaskan redistribusi aset akan menyasar rakyat miskin, koperasi, serta pesantren.

Jokowi juga menjelaskan bahwa pemerintah akan mempercepat pemberian sertifikat tanah kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini dilakukan untuk tujuan produktif masyarakat itu sendiri, “Seperti punya agunan untuk akses modal bank,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...