Tol Surabaya - Kertosono Ditargetkan Tersambung Sebelum Lebaran

Ameidyo Daud Nasution
15 Maret 2017, 08:11
Jalan Tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menargetkan ruas tol Surabaya hingga Kertosono dapat tersambung sebelum Idul Fitri tahun ini. Ada dua bagian proyek yang menurut Gubernur Jawa Timur Soekarwo sama-sama akan selesai dalam waktu dekat.

Ditemui usai rapat terbatas di komplek Istana Kepresidenan, Soekarwo mengatakan bahwa satu jalur pada ruas tol Surabaya - Mojokerto dapat segera dilalui kendaraan. Ruas ini nantinya akan menyambung ruas di bagian barat dari Mojokerto - Jombang - Kertosono yang lebih dulu digarap.

Advertisement

"Jadi dari Surabaya sampai Kertosono itu batasnya di Mengkreng akan tersambung," kata Soekarwo, Selasa (14/3). (Baca juga: Tahun Ini, Pemerintah Wajibkan Bayar Non-Tunai di Semua Pintu Tol)

Soekarwo mengklaim untuk pembebasan lahan tol dari Surabaya hingga Kertosono sudah mencapai 100 persen. Sedangkan untuk Kertosono - Mantingan sudah 97 persen, "Tinggal kami percepat pekerjaannya saja," kata Soekarwo.

Yang kini masih menjadi masalah, menurut Soekarwo, adalah pembangunan ruas tol  di sisi selatan yakni Pandaan - Malang. Sebab, pembebasan lahan di ruas tersebut baru mencapai 67 persen. "Yang jadi masalah itu ada tanah kas desa," kata Soekarwo.

Grafik: Pencapaian Pengadaan Lahan Tol
Pencapaian Pengadaan Lahan Tol

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement