Perusahaan Bakrie Ingin Ikut Pertamina Mengelola Blok ONWJ

Anggita Rezki Amelia
16 Maret 2017, 10:57
Pekerja migas
Dok. ExxonMobil

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) membuka peluang menggandeng kontraktor sebelumnya Blok Offshore North West Java (ONWJ) untuk kembali mengelola blok tersebut. Apalagi, PT Energi Mega Persada Tbk (EMP) sebagai salah satu pengelola blok tersebut sudah menyatakan keinginannya bermitra dengan PHE.

Menurut Presiden Direktur PHE Gunung Sardjono Hadi, perusahaan yang terafiliasi Grup Bakrie itu secara verbal sudah menyatakan minatnya menjadi mitra PHE di Blok ONWJ. "EMP sudah secara verbal (sampaikan) ke saya, tapi progress dan sebagainya tolong tanya Pak Denie (Senior Vice President Upstream Business Development Pertamina)" kata dia di Jakarta, Rabu (15/3).

(Baca: Perusahaan Migas Bakrie Menunggak Gaji Karyawan)

Dalam kontrak sebelumnya, PHE juga sudah pernah bermitra dengan EMP. Kala itu, EMP memiliki hak kelola sebesar 36,72 persen. Selain EMP, ada juga Kuwait Petroleum Exploration Company sebanyak lima persen.

Namun, di kontrak baru ini, EMP hanya bisa mendapatkan hak kelola maksimal 25 persen melalui mekanisme bisnis. Artinya, harus membayar jumlah hak kelolanya. Namun, Gunung belum bisa memastikan nilainya. "Ya pasti cost-nya yang kami keluarkan akan kita hitung seperti apa," kata dia.

Selain menawarkan ke kontraktor eksisting, PHE juga membuka peluang BUMD setempat ikut menjadi mitra. Jika mengacu Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 37 tahun 2016, kontraktor memang wajib menawarkan hak kelola  10 persen kepada pemerintah daerah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...