Tenggat 3 Bulan, Elia Minta Direksi Pertamina Bebas Kepentingan

Miftah Ardhian
16 Maret 2017, 15:05
Elia Massa Manik
ANTARA FOTO/HO/Drajat
Direktur Utama Pertamina yang baru, Elia Massa Manik (kanan).

Pemerintah melalui Kementerian BUMN mengharapkan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) yang baru,  Elia Massa Manik, mampu meningkatkan kinerja dan membangun soliditas di internal perusahaan. Untuk mencapai hal tersebut, Elia meminta para direksi Pertamina bebas dari berbagai kepentingan.

Elia menyatakan, dirinya diminta pemerintah untuk membangun komunikasi yang solid antarjajaran direksi Pertamina. Untuk membangun hal tersebut, salah satu kuncinya adalah keterbukaan.

Karena itulah, Elia mengimbau para direksi agar dapat saling terbuka dan dapat berkomunikasi secara optimal dengan jajaran komisaris dan pemangku kepentingan yang lain. Selain itu, jajaran direksi harus terbebas dari kepentingan-kepentingan pribadi.

Menurut Elia, memang saat ini tidak ada perubahan jajaran direksi. Namun, tidak menutup kemungkinan hal itu dilakukan jika jajaran direksi saat ini memiliki kepentingan tertentu. "Kalau ada kepentingan kan tiga bulan juga sudah kelihatan nanti," katanya saat konferensi pers usai RUPS Pertamina di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (16/3).

(Baca: Lewat Kompromi, Elia Massa Manik Segera Jadi Dirut Pertamina)

Namun, saat ini, Elia akan berfokus meningkatkan konsolidasi internal. Selanjutnya, dia akan melakukan akselerasi yang terukur di bagian hilir, midstream, dan juga sektor hulu Pertamina.

Elia akan memetakan kekurangan-kekurangan yang ada dan kemudian membenahinya. Yang jelas, dia menekankan, prinsip keterbukaan dan transparansi akan diutamakan dalam masa kepemimpinannya.

Di sisi lain, dia mengakui, kinerja perusahaan sudah cukup baik saat ini. Namun, para direksi tidak boleh cepat puas. Jadi, harus ada improvisasi yang dilakukan, terutama efisiensi biaya di ketiga sektor bisnis Pertamina tersebut. "Kami harus bangun mindset itu," ujarnya.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...