Empat Jembatan Layang di Jawa Tengah Bisa Dipakai Mudik Lebaran

Safrezi Fitra
17 Maret 2017, 11:17
Pembangunan Jalur MRT Fatmawati
ANTARA FOTO/Atika Fauziyyah

Pemerintah menargetkan pembangunan empat jembatan layang (overpass) di Jawa Tengah akan segera rampung. Seluruh jembatan ini akan bisa difungsikan pada musim mudik Lebaran 2017, untuk mengatasi kemacetan.

Jembatan layang tersebut yaitu, Jembatan Layang Dermoleng dan Kretek di Brebes dan Jembatan Layang Klonengan dan Kesambi di Tegal, Jawa Tengah. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun keempat jembatan tersebut tahun ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatajan seluruh overpass ini dibangun dengan teknologi Corrugated Mortarbusa Pusjatan (CMP). Teknologi seperti ini juga diterapkan pada jembatan layang Antapani di Bandung, Jawa Barat.

Dengan teknologi tersebut, masa konstruksi jembatan layang berhasil diefisiensikan menjadi hanya sekitar enam bulan. Selain itu, mampu menghemat biaya pembangunan hingga 70 persen dibandingkan teknologi konstruksi jembatan layang konvensional.

Basuki mengatakan teknologi ini akan terus digunakan dalam pembangunan jembatan layang, terutama untuk perlintasan sebidang kereta api. "Akan dibangun bertahap. Intinya semua perlintasan sebidang antara jalan kereta api dengan jalan nasional yang ada di kota akan diselesaikan dengan teknologi ini," kata Basuki dalam keterangannya, Jumat (17/3).

(Baca: Urai Kemacetan, Anggaran untuk Jalan Pantura Naik Dua Kali Lipat)

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto mengaku optimistis pembangunan empat jembatan layang di Jawa Tengah berjalan sesuai jadwal. Sehingga dapat dilalui kendaraan pada arus mudik Lebaran tahun ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...