Hasil Lelang Blok Migas 2016 Akan Diumumkan Bulan Ini

Anggita Rezki Amelia
17 Maret 2017, 20:17
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin (Katadata)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan akan mengumumkan hasil lelang blok migas 2016 pada bulan ini. Dari 14 blok migas yang dilelang, hanya ada dua yang telah dievaluasi dan akan ditetapkan pemenangnya.

Direktur Pembinaan Hulu Kementerian ESDM Tunggal mengatakan hasil evaluasi tersebut kini tengah menunggu keputusan dari Menteri ESDM Ignasius Jonan. "Pak Dirjen Migas sudah presentasi dan sudah dilaporkan ke Pak Menteri," kata dia di Jakarta, Jumat (17/3). (Baca: Lelang Blok Migas Nonkonvensioal Tidak Laku)

Advertisement

Jumlah blok migas hasil lelang 2016 yang telah dievaluasi ini lebih banyak dari perkiraan kementerian. Sebelumnya Direktur Jenderal (Dirjen) Migas Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja memperkirakan hanya ada satu blok migas yang laku dalam lelang tahun lalu. Sementara realisasi hasil evaluasi yang dilaporkan kepada Jonan, ada dua blok.

Tunggal menjelaskan keduanya masing-masing berasal dari hasil penawaran langsung dan lelang reguler blok migas konvensional 2016. Sayangnya dia masih enggan menyebutkan nama blok migas tersebut, sebelum Jonan memutuskan hasil lelang ini.

(Baca: Jonan Sebut Harga Minyak Rendah Penyebab Lelang Blok Migas Tak Laku)

Tahun lalu Kementerian ESDM melelang 14 blok migas melalui penawaran langsung dan lelang reguler. Proses penawaran langsung tujuh blok migas konvensional telah dibuka sejak Juli 2016. Terdiri dari Blok Bukit Barat (offshore Kepulauan Riau), Batu Gajah Dua (onshore Jambi), Kasongan Sampit (onshore Kalimantan Tengah), Ampuh (offshore Laut Jawa), Ebuny, Onin, dan West Kaimana.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement