Pengusaha Jerman Bantu Indonesia Kembangkan Pendidikan Vokasi

Image title
17 Maret 2017, 15:38
Konferensi Pers Program Pemagangan Nasional KADIN
Muhammad Firman Eko Putra Katadata

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bekerja sama dengan Kadin Jerman (IHK Trier) untuk mendukung program pendidikan vokasi. Pengembangan pendidikan kejuruan ini merupakan program yang digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pendidikan vokasi sangat vital bagi pertumbuhan perekonomian kita di masa depan, sehingga kita memerlukan ribuan pelatih yang profesionai, dan ini harus kita ciptakan“ kata Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani di Jakarta, Jumat (17/3).

Dalam kerja sama ini, Rosan menjelaskan, Kadin Jerman akan menyediakan pelatihan bagi para pelatih vokasi di perusahaan-perusahaan Indonesia. Dengan demikian, nantinya pendidikan vokasi Indonesia akan mengadopsi “sistem ganda” yang diterapkan di Jerman.

Dalam sistem ini, siswa kejuruan tak hanya mendapat pendidikan di sekolah, melainkan juga melalui pemagangan di perusahaan. Presiden Jokowi sendiri yang meminta Kanselir Jerman Angela Merkel untuk turut menyukseskan program ini.

(Baca juga: Jokowi Tagih Komitmen Investasi Coca Cola Rp 6,7 Triliun)

Rosan mengatakan pihak Jerman berkomitmen membantu mengembangkan pendidikan vokasi di Indonesia. Adapun IHK Trier berperan merancang silabus pendidikan dan fasilitasi pelatihan. Sedangkan Ekonid (Kadin Jerman-Indonesia) berperan melakukan pengujian dan penerbitan sertifikat pelatihan.

Untuk tahap awal, ada 24 peserta dalam pelatihan bagi para pelatih vokasi sistem ganda ini. Nantinya, program ini akan dikembangkan hingga menghasilkan 80 pelatih tiap bulan yang akan diterjunkan ke perusahaan-perusahaan di Karawang dan Bekasi.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...