Elia Massa Gandeng KPK Awasi Proyek-Proyek Besar Pertamina

Anggita Rezki Amelia
20 Maret 2017, 14:29
Dirut Pertamina Temui KPK
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Ketua KPK Agus Rahardjo (tengah) bersama Pimpinan KPK Basaria Panjaitan (kanan) dan Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Elia Massa Manik (kiri) bersiap memberikan keterangan kepada wartawan seusai pertemuan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (20/3).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) yang baru, Elia Massa Manik, tampaknya sangat berhati-hati dalam menangani dan menjalankan proyek-proyek besar di perusahaan pelat merah tersebut. Demi menjaga proyek-proyek itu, dia melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Keinginan tersebut disampaikan Elia saat bertandang ke Gedung KPK, Jakarta,  Senin (20/3). Juru bicara KPK Febri Diansyah membenarkan kunjungan tersebut. Salah satu tujuan kedatangan orang nomor satu di Pertamina ini adalah meminta bantuan kepada KPK. (Baca: Suara Lonjong Kabinet untuk Nakhoda Baru Pertamina)

Menurut Febri, Elia meminta bantuan untuk mendampingi dalam mengerjakan proyek yang ada di Pertamina. Namun, dia tak menyebutkan secara spesifik proyek-proyek yang dimaksud. “Courtesy call sebagai pejabat baru dan meminta bantuan KPK melakukan pendampingan terutama terkait proyek-proyek dengan dana besar yang akan dikerjakan Pertamina,” kata dia kepada Katadata, Senin (20/3).

Setelah terpilih sebagai Dirut Pertamina, Elia memang berambisi menjadikan perusahaan pelat merah ini bertaraf kelas dunia. Bahkan, ia siap dicopot dari jabatannya kalau terbukti melenceng selama bertugas.

Menurut Elia, Pertamina adalah perusahaan yang bagus. Jadi dia tidak suka jika hanya sekadar menumpang hidup di perusahaan tersebut. “Kalau saya melenceng ditegur, bahkan jika perlu dipecat saja,'' kata dia dalam konferensi pers dengan media di Gedung Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (16/3).

Saat ini Pertamina memiliki beberapa proyek di sektor migas, mulai hulu sampai hilir. Di sektor hulu, Badan Usaha Milik Negara ini diberikan mandat untuk mengelola delapan blok migas yang akan berakhir kontraknya di 2018. (Baca: 8 Blok Migas yang Akan Habis Kontrak Diserahkan ke Pertamina)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...