Dana Asing Mengalir Masuk, IHSG Terus Mencetak Rekor

Martha Ruth Thertina
21 Maret 2017, 19:04
Bursa Saham
Arief Kamaludin|KATADATA

Sentimen positif masih melingkupi bursa saham domestik. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali mencetak rekor pada perdagangan, Selasa (21/3). IHSG ditutup di level 5.543 atau naik 0,16 persen dibanding penutupan perdagangan sehari sebelumnya.

Laju indeks ini di luar prediksi sejumlah analis bursa saham. Beberapa meramalkan IHSG cenderung melemah pada perdagangan Selasa ini atau melanjutkan pelemahan sehari sebelumnya yang sebesar 0,12 persen. (Baca juga: IHSG Terus Melesat, Waspadai Aksi Ambil Untung di Bursa)

Tim Analis OSO Securities menyebut IHSG berpeluang melemah lantaran IHSG sudah memasuki area overbought alias jenuh beli. Sehingga investor memanfaatkan timing tersebut untuk melakukan aksi profit taking,” demikian tertulis dalam kajian tertulis Tim Analis OSO Securites yang diterima Katadata, Selasa (21/3).

Di sisi lain, Analis Senior dari Bina Artha Sekuritas, Reza Priyambada menyebut bursa saham dalam kecenderungan melemah seiring dengan pertemuan G20 di Jerman yang belum menghasilkan keputusan yang konstruktif untuk kerja sama perdagangan antarnegara anggotanya.

Meski begitu, Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya menilai, IHSG berpotensi besar untuk menguat pada perdagangan Selasa ini seiring dengan berlanjutnya arus masuk modal asing (capital inflow).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...