Orang Kaya Dunia Bertambah, Didominasi Bos Perusahaan Teknologi

Maria Yuniar Ardhiati
21 Maret 2017, 20:07
Bill Gates
Arief Kamaludin|KATADATA
Pemilik Microsoft, Bill Gates

Tahun 2016 menjadi sejarah pemecahan rekor jumlah miliarder dunia. Forbes mencatat jumlah miliarder meningkat dari 1.810 orang menjadi 2.043 orang. Artinya, jumlah orang di dunia yang memiliki harta di atas US$ 1 miliar tersebut naik 13 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Nilai kekayaan mereka pun dilaporkan melambung 18 persen menjadi US$ 7,67 triliun. Ini juga merupakan rekor baru berdasarkan catatan Forbes, seperti dilansir pada Senin (20/3). 

Adapun, penambahan 233 miliarder dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes tersebut merupakan yang tertinggi dalam 31 tahun terakhir. Pencapaian ini tentu kontras jika melihat kondisi perekonomian dunia yang masih cenderung melambat.

(Baca: Orang Terkaya Indonesia, CT dan Hary Tanoe Naik Peringkat)

Jika melongok daftar orang terkaya tersebut, peringkat pertama masih ditempati bos Microsoft, Bill Gates. Ia telah menyandang gelar orang terkaya di dunia ini selama empat tahun terakhir. Harta kekayaannya mencapai US$ 86 miliar, bertambah dari tahun sebelumnya yang sebesar US$ 75 miliar.

Peringkat kedua ditempati investor kawakan Warren Buffet. Bos perusahaan investasi Berkshire Hathaway ini menggusur pendiri perusahaan busana asal Spanyol, Zara, yaitu Amancio Ortega, ke peringkat keempat. 

Sejak Donald Trump terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat pada November 2016, nilai kekayaan Buffet melonjak drastis. Dalam 12 bulan, hartanya bertambah US$ 14,8 miliar.

Peringkat ketiga ditempati pendiri Amazon, Jeff Bezos. Ini pertama kalinya dia masuk tiga besar orang terkaya dunia. Hartanya membengkak US$ 27,6 miliar menjadi US$ 72,8 miliar. 

Setelah Ortega di posisi empat, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, menjadi orang terkaya kelima di dunia. Ini untuk pertama kalinya dia masuk daftar lima besar tersebut dengan penambahan harta US$ 11,4 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...