PLN Bangun Kabel Bawah Laut untuk Alirkan Listrik ke Lombok

Arnold Sirait
22 Maret 2017, 11:05
PLN
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sedang menyelesaikan pembangunan kabel listrik bawah laut dari Lombok ke Gili Gede, Sekotong, Lombok Barat. Dengan begitu, sebanyak 450 kepala keluarga di Gili Gede akan segera menikmati listrik. 

Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara, Machnizon Masri, mengatakan kabel listrik bawah laut 20 kilovolt (kV) sepanjang 2,4 kilometer sirkit (kms) akan dibangun untuk memasok listrik ke pulau tersebut. Pembangunannya ditargetkan rampung Desember 2017 dengan dana investasi Rp 23 miliar.

(Baca: Jokowi Minta 34 Pembangkit Listrik Mangkrak Dilanjutkan)

Jaringan listrik di Gili Gede nantinya akan terinterkoneksi dengan Sistem Kelistrikan Lombok. “Investasinya memang tidak kecil, tetapi ini kebutuhan agar masyarakat terlistriki dan rasio elektrifikasi harus terus ditingkatkan,” kata Machnizon berdasarkan penjelasan tertulisnya, Rabu (22/3).

Berdasarkan catatan PLN, hingga akhir tahun 2016 rasio elektrifikasi di NTB mencapai 77,68 persen dari target 75,9 persen. Hingga 2019, PLN menargetkan rasio elektrifikasi NTB mencapai 88,5 persen. Bahkan diupayakan rasio elektrifikasi telah mencapai 95 persen pada 2019.

(Baca: Revisi Rencana Listrik, PLN Tambah 4.000 MW PLTU Mulut Tambang)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...