Fitch Berpeluang Besar Kerek Lagi Peringkat Kredit Indonesia

Image title
23 Maret 2017, 19:14
Dolar
Arief Kamaludin|KATADATA

Fitch Ratings melihat peluang Indonesia mendapatkan kenaikan peringkat kredit (Sovereign Credit Rating) terbuka lebar. Sebab, lembaga pemeringkat internasional tersebut menilai pemerintah telah menjaga stabilitas makroekonomi dengan baik dan bekerja keras memperbaiki iklim investasi melalui reformasi struktural.

Outlook 2017 ini positif, peluang upgrade (naik) lebih besar daripada downgrade (turun), tapi kami lihat apakah ekonomi akan menjadi lebih resilience (berdaya tahan) dari tekanan eksternal,” kata Direktur Asia-Pasifik Fitch Ratings Thomas Rookmaaker di Jakarta, Kamis (23/3).

Menurut dia, sejauh ini beberapa upaya reformasi belum sepenuhnya berjalan sesuai harapan. Alasannya, reformasi berjalan bertahap, dan butuh waktu serta penyesuaian. Namun, ia menekankan, upaya reformasi yang dilakukan pemerintah sangat penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

“Sejumlah reformasi sangat penting menstimulasi investasi dan pertumbuhan,” katanya. Adapun, reformasi yang dinilai cukup memberikan dampak positif terjadi di sektor moneter dan riil. (Baca juga: Sri Mulyani: Kondisi Ekonomi Penuhi Syarat Kenaikan Peringkat dari S&P)

Menurut dia, kebijakan nilai tukar yang ditempuh Bank Indonesia (BI) efektif meredam gejolak di pasar keuangan. Di sisi lain, 15 paket stimulus ekonomi yang dikeluarkan pemerintah dipandang menunjukkan komitmen pemerintah dalam memperbaiki iklim investasi di Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...