Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Siap Dilalui Mudik Lebaran

Safrezi Fitra
27 Maret 2017, 12:41
Jalan Tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengebut penyelesaian pembangunan Jalan Tol Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi. Targetnya sebagian tol ini akan selesai dan bisa dilalui kendaraan pada saat mudik lebaran tahun ini.

Tol sepanjang 61,72 kilometer (km) ini terbagi menjadi tujuh seksi. Untuk seksi 1 sampai seksi 6, yakni ruas Tanjung Morawa–Sei Rampah sepanjang 52,85 km, ditargetkan selesai pada akhir 2017. Sementara Seksi 7 Sei Rampah–Tebing Tinggi akan selesai April 2018, karena masih terkendala pengadaan lahan yang melewati kawasan permukiman.

Advertisement

Secara keseluruhan progres pembangunan ruas tol ini sudah mencapai 75 persen. Meski begitu, sebagian besar ruas tol yakni sepanjang 42,1 Km mulai dari Kualanamu–Perbarakan hingga Sei Rampah (Seksi 2 hingga Seksi 6) akan bisa fungsional digunakan untuk memperlancar arus mudik Lebaran pada bulan Juli 2017.

Nantinya, pemudik yang turun di Bandara Kualanamu menuju Tebing Tinggi, bisa langsung memasuki tol tanpa dikenakan tarif dan keluar di Sei Rampah. Sementara pemudik dari arah Medan masuk dari simpang susun Lubuk Pakam. Demikian juga masyarakat dari Tebing Tinggi yang menuju bandara dan Medan bisa menggunakan tol ini dari Sei Rampah dan keluar di Kualanamu.

(Baca: Tol Sepanjang 38 Kilometer Segera Beroperasi di Lampung)

“Dengan dibukanya tol tersebut, kendaraan akan terhindar beberapa titik kemacetan di jalan nasional seperti di Lubuk Pakam, Perbaungan dan Pasar Bengkel,” seperti ditulis dalam keterangan resmi Kementerian PUPR, Minggu (26/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement