Kepala BKPM Ajak Investor Percaya Jokowi dan Sri Mulyani Soal Pajak

Desy Setyowati
30 Maret 2017, 16:53
Menteri Perdagangan Thomas Lembong
Katadata | Arief Kamaludin
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Thomas Lembong mengajak investor untuk taat membayar pajak. Sebab, pemerintahan saat ini terbukti memanfaatkan uang pajak untuk membangun berbagai infrastruktur dari kota hingga ke daerah terpencil dan perbatasan. Pembangunan tersebut juga bakal menguntungkan investor.

Atas dasar itu, ia menilai, pemahaman bahwa uang pajak hanya akan digunakan oleh oknum tertentu semestinya hilang pada pemerintahan ini. "Joko Widodo maupun Sri Mulyani terkenal (dengan agenda) reformasi yang legendaris, kalau dulu setor pajak uangnya juga dicolong. Tapi, dengan komitmen Presiden, kami yakin pajak dimanfaatkan untuk infrastruktur, pelayanan publik," ujar Lembong saat menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak bersama jajaran pejabat Eselon I dan II di kantornya, Jakarta, Kamis (30/3).

Selama dua tahun terakhir, ia melihat berbagai infrastruktur telah dibangun dan pelayanan publik diperbaiki, termasuk di BKPM. Salah satu perbaikan layanan yang sudah dirasakan BKPM yaitu percepatan waktu tunggu bongkar muat barang (dwelling time) di pelabuhan.

Perbaikan tersebut diklaim Lembong turut mendongkrak peningkatan peringkat Indonesia dalam soal kemudahan berusaha (Ease of Doing Bussiness/EODB). (Baca juga: Jokowi Terima Komitmen Investasi Rp 34 Triliun dari Presiden Prancis)

Maka itu, ia pun meminta masyarakat agar semakin patuh membayar pajak untuk mendorong berbagai proyek perbaikan dan pembangunan infrastruktur yang tengah dilakukan pemerintah. Adapun, sejauh ini, ia menilai, kepatuhan pajak masih rendah sebab banyak masyarakat yang berpikir bahwa membayar pajak itu rumit dan membutuhkan waktu luang. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...