Belum Siap, Pertamina Baru Bisa Produksi BBM Euro 4 pada 2025

Anggita Rezki Amelia
1 April 2017, 11:00
kilang cilacap
Katadata

PT Pertamina (Persero) tampaknya belum bisa memproduksi bahan bakar minyak (BBM) standar Euro 4 dalam waktu dekat. Padahal aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang baru, mewajibkan kendaraan yang beroperasi di Indonesia menggunakan BBM dengan standar tersebut secara bertahap mulai 2018 hingga 2021.

Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina Afandi mengaku sudah mengetahui  rencana pemerintah tersebut sejak pembahasan di Kementerian Perekonomian. Namun saat ini, perusahaannya belum bisa menyediakan BBM Euro 4 secara menyeluruh, karena fasilitas tangki timbun yang ada masih terbatas.

(Baca: Aturan Terbit, Kendaraan Wajib Pakai BBM Euro 4 Tahun Depan)

Dia mengatakan Pertamina baru bisa memproduksi BBM standar Euro 4 pada 2025, setelah pembangunan kilang baru dan revitalisasi kilang lama selesai. Kendala ini pun sudah disampaikan kepada Menteri LHK Siti Nurbaya saat rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution beberapa waktu lalu.

Kalaupun harus impor, Pertamina masih menunggu aturan spesifikasi BBM ini dari pemerintah. "Pemerintah yang mengurusi spesifikasi BBM adalah Kementerian ESDM," kata dia kepada Katadata, Jumat (31/3).

Sementara itu, Direktur Pembinaan Hilir Kementerian ESDM Setyorini Tri Hutami mengatakan pihaknya belum menentukan sikap terkait terbitnya aturan Peraturan Menteri LHK Nomor 20 Tahun 2017 ini. Dia pun belum bisa memastikan kesiapan Pertamina menyediakan BBM berstandar Euro 4.

"Kami koordinasikan dengan Pertamina," kata dia kepada Katadata, Jumat (31/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...