Darmin Prediksi Harga Tiga Bahan Pangan Berpeluang Turun

Desy Setyowati
4 April 2017, 19:59
Daging Sapi
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution optimistis target inflasi pada tahun ini akan tercapai. Optimisme itu dilatari oleh tren penurunan harga komoditas pangan. Menyusul harga beras, ada tiga komoditas pangan lain yang diperkirakan mengalami penurunan harga.

Darmin mencatat, tiga komoditi pangan yang harganya berpeluang turun adalah gula, minyak goreng curah, dan daging. Sedangkan harga beras sudah turun sejak beberapa waktu lalu. Bahkan, dia menilai harga beras sudah turun cukup besar.

Menurut dia, harga beras tidak mungkin didorong turun lebih besar karena dampaknya malah akan merugikan petani. Jadi, harga pangan lainnya yang perlu didorong turun untuk meredam laju inflasi. (Baca: Sri Mulyani: Semua Mesin Ekonomi Mulai Berjalan Normal)

“Pangan masih ada komoditas yang bisa didorong turun, seperti gula, minyak goreng curah, dan daging. Tidak semua pangan, karena yang lain tidak baik juga kalau didorong turun terus,” kata Darmin di Jakarta, Selasa (4/4).

Penurunan harga bahan pangan itu bertujuan agar angka inflasi bisa sesuai target empat persen pada akhir tahun nanti. Meskipun, Darmin melihat ada risiko kenaikan harga yang diatur oleh pemerintah (administered prices), seperti Tarif Dasar Listrik (TDL) dan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). “Kami perkirakan inflasi empat persen di 2018 dan 4,5 persen tahun ini.”

(Baca: Cegah Penimbunan, Distributor Wajib Daftarkan Stok Barang di Gudang)

Pada Senin (3/4) kemarin, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pada bulan Maret lalu terjadi deflasi sebesar 0,02 persen. Ini merupakan deflasi pertama kali dalam tahun ini. Angka yang di luar perkiraan ini, disebabkan oleh penurunan harga komoditas pangan.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...