Mudik Lebaran, Tol dari Jakarta Ditargetkan Tembus Hingga Kendal

Ameidyo Daud Nasution
5 April 2017, 17:23
Tol Cipali
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan beberapa seksi ruas tol Batang-Semarang bisa difungsikan untuk mudik lebaran tahun ini. Nantinya pemudik dari Jakarta bisa melalui tol langsung hingga Weleri, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto optimistis ruas tol dari Batang hingga ke Weleri bisa dilalui para pemudik, walaupun masih secara fungsional. Sedangkan untuk ruas tol yang beroperasi secara menyeluruh, Arie menjanjikan paling tidak dari Jakarta langsung tembus hingga Pemalang.

(Baca: Jasa Marga: Hanya Sebagian Tol Batang-Semarang Bisa Dipakai Mudik)

"Walaupun yang pasti operasional itu hingga Pemalang, tapi sampai sekarang kami optimis hingga Weleri bisa fungsional," kata Arie usai rapat bersama Kementerian Perhubungan di Gedung Kementerian PU, Jakarta, Rabu (5/4).

Arie mengatakan sebenarnya Kementerian PUPR ingin agat tol yang beroperasi bisa mencapai Ngaliyan, Kabupaten Semarang. Namun, dia tidak yakin hal ini akan tercapai, mengingat beberapa ruas tol tersebut masih terkendala masalah pembebasan lahan. Meski peluanganya hanya 50 persen, Ari menyatakan pihaknya akan terus berupaya agar tol ini bisa beroperasi hingga Ngaliyan.

(Baca: Jokowi Targetkan Tol Batang-Semarang Dilalui Mudik Lebaran 2017)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...