Pengekspor Pekerja, Polandia Paling Terpukul Dampak Brexit

Maria Yuniar Ardhiati
5 April 2017, 19:38
Bendera Uni Eropa
Katadata

Proses keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa (Brexit) terus bergulir. Setelah negara tersebut resmi cabut dari kawasan ekonomi di Benua Eropa itu, Polandia diperkirakan akan menjadi negara yang paling rentan terkena dampaknya. Mengapa?

Selama ini, Bandara Olsztyn-Mazury di Polandia terus menggeliat dan berkembang pesat. Seluruh jadwal penerbangan penuh selama dua pekan untuk tujuan ke Inggris, selama musim panas dan musim dingin.

Polandia memang mendominasi pasar tenaga kerja di Inggris. Selain itu, Polandia pun selama ini menyediakan tenaga kerja lintas batas negara, dengan jumlah terbanyak di Eropa.

Kondisi tersebut bisa dilihat di sejumlah bandara pada provinsi-provinsi di Polandia, Salah satunya adalah Bandara Olsztyn-Mazury yang sebelumnya menjadi pangkalan militer. Bandara ini jaraknya 160 kilometer dari ibukota Polandia, Warsawa.

Dirombak dengan menggunakan dana tunai sebesar US$ 31 juta dari Uni Eropa, Bandara Olsztyn-Mazury melayani hampir satu juta warga Polandia yang tinggal dan bekerja di Inggris Raya. Jumlah ini mencapai sepertiga dari total warga negara anggota Uni Eropa yang mencari nafkah di Inggris.

Kini, perekonomian Polandia terancam ikut terpapar dampak Brexit. “Sangat jelas, Brexit membawa dampak bagi kami,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Polandia, Konrad Szymanski seperti dilansir Bloomberg, Selasa (3/4). Ia menjelaskan, jika Polandia tidak mengambil sikap yang tepat, Brexit akan menghancurkan pasar dalam negeri.

(Baca: Perusahaan Besar Inggris Mulai Rasakan Dampak Buruk Brexit)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...