Dana Pemulihan Tambang Migas di BNI Mencapai Rp 4,3 Triliun

Anggita Rezki Amelia
7 April 2017, 21:51
No image

Dana pemulihan tambang (Abandonment Site Restoration/ASR) minyak dan gas bumi yang tercatat di Bank Negara Indonesia (BNI) terus meningkat. Jika pada semester I tahun lalu saldo ASR di BNI sebesar US$ 294 juta, per akhir Maret lalu sudah mencapai US$322 juta atau setara Rp 4,29 triliun.

Vice President Divisi Transaksional Banking Service BNI Sri Indira menjelaskan, salah satu penyebab kenaikan dana itu karena kegiatan hulu migas bertambah dan ada beberapa lapangan yang baru berproduksi. "Jadi tren tiap tahunnya meningkat di kami," kata dia di Cilegon, Jawa Barat, Jumat (7/4).

Advertisement

(Baca: Enam Perusahaan Migas Menunggak Dana Pemulihan Tambang)

Sejak 2009 hingga saat ini, menurut Sri, ada 35 kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas yang menaruh dana ASR di BNI. Salah satu di antaranya adalah ExxonMobil yang mengelola Blok Cepu. Namun, perusahaan asal Amerika Serikat itu belum memulai penyaluran dananya karena masih dalam tahap finalisasi.

Sri yakin akan ada tambahan beberapa kontraktor yang menaruh dana ASR-nya di BNI. Apalagi, dari 85 KKKS yang aktif saat ini, hampir 50 persen memakai jasa BNI untuk transaksi di sektor migas. "Mereka memilih BNI karena menawarkan pelayanan yang mudah bagi KKKS yang menjadi nasabahnya,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement