Hasil Uji Coba Minyak Iran di Kilang Cilacap Dirilis Pekan Depan

Miftah Ardhian
7 April 2017, 17:23
Kilang Cilacap
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

PT Pertamina (Persero) telah merampungkan proses uji coba pengolahan minyak mentah asal Iran di Kilang Cilacap. Namun, Pertamina masih membutuhkan waktu untuk memastikan kecocokan minyak mentah dari negara Timur Tengah itu untuk dapat diolah di Indonesia.

Vice President (VP) Integrated Supply Chain (ISC) Daniel Purba mengatakan, pihaknya masih memerlukan uji laboratorium dan serangkaian uji coba lanjutan untuk memastikan produk yang bisa dihasilkan dari minyak mentah tersebut di kilang Cilacap. Jadi, hasil uji cobanya diperkirakan akan keluar dalam waktu dekat ini.

"Kami masih menunggu, tapi minggu depan sudah ada hasil dari uji cobanya," ujar Daniel saat konferensi pers mengenai perkembangan ISC di Gedung Pertamina Pusat, Jakarta, Jumat (7/4). (Baca: Impor Minyak Mentah dari Iran Tunggu Hasil Uji Coba)

Daniel menjelaskan, selama ini kapasitas Kilang Cilacap masih belum optimal. Dengan kapasitas sebesar 120 ribu barel per hari (bph), yang digunakan atau terpakai 110 ribu bph. Selama ini, pasokan minyak mentah untuk kilang tersebut berasal dari Arabian Crude. Jadi, uji coba minyak mentah dari Iran ini salah satunya bertujuan menggantikan arabian crude tersebut.

Setelah hasil uji coba keluar, Daniel mengatakan, Pertamina akan mengkaji lagi secara lebih mendalam komposisi minyak Iran yang bisa diolah di Kilang Cilacap. Selain itu, produk apa saja yang bisa dihasilkan selain dari Bahan Bakar Minyak (BBM).

Ia mengatakan, minyak Iran ini seharusnya juga bisa menghasilkan pelumas. Namun, tidak menutup kemungkinan hanya sekitar 50 persen komposisi minyak Iran yang bisa terolah di Kilang Cilacap. Jadi masih perlu dicampur dengan minyak asal Arab. "Kalau hanya bisa 50 persen ya terpaksa harus blending. Sekarang kami uji coba, blending dan single," ujarnya.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...