Belum Dapat Kepastian Pembeli, Dua Proyek Gas Molor ke 2018

Anggita Rezki Amelia
8 April 2017, 09:00
Pekerja migas
Dok. ExxonMobil

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengatakan penyelesaian dua proyek migas mundur ke tahun depan. Kedua proyek ini molor karena belum mendapatkan kepastian pembeli.

Kedua proyek itu adalah proyek fasilitas produksi SWB/WB oleh Petrocina Internasional Jabung Ltd dan Proyek Wasambo oleh Energy Equity Epic (Sengkang). Sekretaris SKK Migas Budi Agustiono mengatakan kedua proyek tersebut awalnya ditargetkan berproduksi atau onstream tahun ini. 

Proyek Wasambo sebenarnya direncanakan bisa mulai beroperasi (onstream) pada semester II-2017. Gas yang dihasilkan akan dijual ke PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Masalahnya persiapan Fasilitas PLN untuk menerima gas dari proyek Wasambo belum sepenuhnya selesai. "Makanya kami sesuaikan jadwalnya," kata dia di Cilegon, Jawa Barat (7/4).

(Baca: Terganjal Komitmen Pembeli, Proyek Gas Wasambo Molor)

Lebih lanjut, kata Budi, gas dari proyek Wasambo akan dipasok ke fasilitas penyimpanan gas alam cair berukuran kecil (mini LNG storage) milik PLN di Sulawesi Selatan. Gas ini akan dimanfaatkan untuk pembangkit yang bisa memenuhi kebutuhan listrik di kawasan Sulawesi Selatan. Saat ini pembangunan mini LNG storage tersebut masih dalam proses konstruksi oleh Perusahaan Daerah (Perusda) Sulawesi Selatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...