Pemenang Tender Pengolahan Minyak dari Irak Diputuskan Mei

Miftah Ardhian
8 April 2017, 07:00
Kilang Pertamina
Katadata | Dok.

PT Pertamina (Persero) akan segera menyelesaikan proses lelang melalui skema beauty contest untuk memilih perusahaan pemilik kilang yang akan disewanya. Kilang itu untuk mengolah minyak mentah dari Basrah, Irak. Alhasil, pemenang lelang dapat diputuskan pada Mei mendatang.

Vice President Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina Daniel Purba mengatakan, Pertamina telah mengirimkan format syarat dan ketentuan beauty contest kepada perusahaan-perusahaan minyak dan gas bumi yang memiliki fasilitas pengolahan minyak mentah. Ia pun berharap, sudah banyak penawaran yang masuk dalam bulan ini sehingga pemenangnya bisa segera diputuskan.

Advertisement

"Kalau mau (minyaknya) diolah Juli, maka Mei akan harus kami putuskan," ujar Daniel saat konferensi pers mengenai perkembangan ISC di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Jumat (7/4). (Baca: Tender Pengolahan Minyak dari Irak Dibuka April)

Pertamina menggelar tender tersebut karena kilang yang dimilikinya belum bisa mengolah minyak jenis sour atau ringan asal Irak tersebut. Jadi, pemenang tender akan memperoleh kontrak selama enam bulan, yakni Juli hingga Desember 2017. Kerja samanya menggunakan skema crude processing deal (CPD). Jadi, produk minyak yang dihasilkan bisa dibawa ke Indonesia. 

Menurut Daniel, langkah tersebut seperti kerja sama penyewaan kilang milik Shell oleh Pertamina. Hasil dari pengolahan kilang ini dapat berupa bahan bakar minyak dengan RON 88 atau biasa disebut Premium, atau Pertamax, dan bahkan Avtur yang bisa dibawa langsung ke Indonesia.

(Baca: Impor Minyak Mentah dari Iran Tunggu Hasil Uji Coba)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement