BKPM: Sektor Maritim Bakal Dominasi Investasi Nasional

Miftah Ardhian
10 April 2017, 15:58
BKPM Lembong
Katadata | Arief Kamaludin
Kepala BKPM Tom Lembong

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong menyatakan bahwa sektor-sektor usaha di bidang kemaritiman bakal mendominasi investasi Indonesia. Untuk itu, Lembong akan memperkuat koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Lembong menuturkan, investasi di sektor minyak dan gas (migas) dan kelistrikan saja bisa menyumbang 25-40 persen total investasi nasional. Jumlah tersebut belum termasuk investasi di sektor pariwisata dan perhubungan.

"Jadi memang dari totalitas investasi nasional, portofolio maritim bisa mencapai 50 persen. Jadi perlu koordinasi erat antara BKPM dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman," ujarnya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (10/4).

(Baca juga:  Kepala BKPM Ajak Investor Percaya Jokowi dan Sri Mulyani Soal Pajak)

Lembong menyatakan, dirinya menaruh perhatian khusus pada investasi di sektor minyak dan gas bumi (migas). Alasannya, dari total target investasi sebesar Rp 678 triliun tahun ini, Rp 100 triliun di antaranya diproyeksikan berasal dari sektor migas.

"Jadi kami harus memberikan perhatian khusus untuk menjaga kelangsungan proyek investasi di (sektor) migas," ujar Lembong.

Grafik: Penawaran dan Peminat Lelang Blok Migas 2009-2017
Penawaran dan Peminat Lelang Blok Migas 2009-2017

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...