Gelar Pertemuan IMF-Bank Dunia, Sri Mulyani Ajak Luhut ke Washington

Miftah Ardhian
10 April 2017, 14:07
Luhut Sri Mulyani
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Pemerintah tengah mempersiapkan hajatan pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia atau Annual Meeting International Monetary Fund (IMF) - World Bank di Bali tahun depan. Persiapan itu meliputi anggaran yang disediakan hingga rencana Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan selaku ketua panitia untuk melihat langsung pertemuan tersebut tahun ini di Washington, Amerika Serikat (AS).

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan, anggaran pelaksanaan pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia 2018 tersebut akan dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017. Namun, masih belum ditentukan besaran dananya.

"Kami akan teruskan di APBN-P 2017, sedang kami susun juga," ujar Sri Mulyani saat ditemui usai rapat koordinasi di kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Senin (10/4). (Baca: Pertemuan IMF-World Bank, Pemerintah Sulap Hotel Jadi Kantor)

Sri Mulyani menjelaskan, anggaran seluruh kegiatan tersebut belum dapat diputuskan lantaran masih menunggu kepastian berbagai program yang akan dijalankan beberapa Kementerian dan Lembaga. Selain itu, angggarannya juga akan memuat biaya yang harus dikeluarkan untuk event organizer dan infrastruktur seperti jalan di Bali dan sebagainya, untuk mendukung hajatan tersebut.

Terkait dengan pembangunan infrastruktur, Sri Mulyani menyatakan, kemungkin akan dimasukkan ke dalam APBN 2018. "Kami nanti lihat berbagai usulan anggaran dari infrastruktur yang sifatnya tahun ini dan tahun depan supaya juga bisa konsisten," ujarnya.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...