Jokowi : Bergantung Tambang, Kalimantan Selatan Rentan

Ameidyo Daud Nasution
10 April 2017, 19:59
Jokowi
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggerakkan roda ekonominya ke sektor industri pengolahan, perikanan dan pertanian. Sebab, fluktuasi harga komoditas di pasar global tak lagi menguntungkan bagi sektor tambang.

"Ketergantungan ini (terhadap tambang) masih menyimpan kerentanan," kata Jokowi di Jakarta, Senin (10/4).

Jokowi menuturkan, tahun lalu sektor tambang masih menyumbang 20,8 persen perekonomian Kalimantan Selatan. Akibatnya, provinsi yang beribu kota di Banjarmasin ini sempat terpukul saat harga produk tambang merosot.

(Baca juga: BKPM: Sektor Maritim Bakal Dominasi Investasi Nasional)

Dengan sumber daya yang dimilikinya, menurut Jokowi, Kalimantan Selatan harus  fokus mengembangkan industri pengolahan. Sebab, tahun lalu porsi pengolahan dalam ekonomi Kalsel masih mencapai 13,9 persen. Angka itu bahkan di bawah kehutanan, pertanian, serta perikanan.

Oleh sebab itu dirinya meminta Kalsel segera mempercepat realisasi pembangunan dua kawasan industri yakni Batulicin serta Jorong. Selain memindahkan porsi ekonomi, keberadaan industri pengolahan juga disebut Jokowi dapat menyerap tenaga kerja. "Jadi bahan mentah harusnya dapat masuk ke industri pengolahan," kata Jokowi.

Tidak lupa, Jokowi juga meminta sektor pertanian serta perikanan dapat terintegrasi dengan industri pengolahan. Selain itu segala macam infrastruktur pendukung lain dari kawasan industri ini juga harus ada dalam menunjang sektor pengolahan. "Listrik, air bersih, hingga pelabuhan harus terintegrasi," kata Jokowi.

(Baca juga:  Tak Segera Bangun Smelter, Jonan Ancam Cabut Izin Ekspor Freeport)

Sedangkan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan sebenarnya sudah ada minat investor seperti di bidang kayu lapis (plywood), karet, kelapa sawit, hingga baja. Namun dia mengatakan kadang investor masih ragu akan kondisi daerah Batulicin seperti apa. "Oleh sebab itu kami meminta dukungan pembanguna infrastruktur (dari pemerintah pusat)," katanya.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...