Indonesia dan Malaysia Bakal Bawa Diplomasi Sawit ke Uni Eropa

Image title
11 April 2017, 16:29
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Petani memanen buah kelapa sawit di salah satu perkebunan kelapa sawit di Desa Delima Jaya di Kecamatan Kerinci, Kabupaten Siak, Riau.

Indonesia akan menggandeng Malaysia untuk membela kepentingan industri sawit di Uni Eropa. Sebagai sesama Negara produsen sawit, kedua negara menyatakan keprihatinan atas Resolusi Parlemen Eropa yang mengaitkan industri sawit dan kerusakan hutan hujan.

Melalui kerangka Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC), kedua negara akan mengirim misi menteri ke Benua Biru pada bukan depan. Bahkan, ada kemungkinan misi ini akan melibatkan negara penghasil sawit yang lain.

Advertisement

“Kita perlu meningkatkan partisipasi negara-negara penghasil kelapa sawit lainnya dan berupaya untuk menarik lebih banyak keanggotaan dalam CPOPC,” kata Darmin di sela pertemuan tingkat menteri ke-4 CPOC di Jakarta, Selasa (11/4).

(Baca juga:  Mendag Curigai Kepentingan Bisnis di Balik Resolusi Sawit Eropa)

Dalam pertemuan tersebut, pihak Malaysia diwakili oleh Menteri Industri Perkebunan dan Komoditas Malaysia Datuk Seri Mah Siew Keong. Para Menteri CPOPC menyusun komunike bersama untuk menyampaikan sikap negara-negara produsen utama minyak sawit terhadap resolusi tersebut. Sebab, resolusi tersebut dianggap kontraproduktif terhadap upaya negara-negara penghasil minyak sawit untuk pengelolaan sumber daya berkelanjutan.

Anggota CPOPC berpandangan bahwa isu-isu lingkungan tidak selayaknya digunakan sebagai alat untuk diskriminasi dan pembatasan terselubung dalam perdagangan.

Selain itu, pertemuan juga membahas peningkatan kerja sama lebih lanjut dengan negara-negara penghasil kelapa sawit lainnya. Sebab, seiring dengan meningkatnya tantangan global di industri kelapa sawit, negara-negara produsen perlu untuk meningkatkan kerjasama dan partisipasi dalam peningkatan kualitas produk serta menyebarluaskan informasi faktual tentang minyak sawit.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement