Pemerintah Lelang 15 Blok Migas Pakai Skema Gross Split

Anggita Rezki Amelia
11 April 2017, 18:24
Ladang Minyak
Chevron

Jumlah blok minyak dan gas bumi (migas) yang akan dilelang tahun ini bertambah lagi. Jika sebelumnya pemerintah berencana melelang 14 wilayah, kini jumlahnya bertambah menjadi 15 wilayah kerja migas.

Menurut Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja, beberapa blok migas yang dilelang tahun ini merupakan blok-blok yang sebelumnya tidak laku, tapi datanya diperbarui. "Ini yang sudah siap dilelang, tapi masih tentatif, kami laporan dulu ke Pak Menteri," kata dia di Jakarta, Selasa (11/4).

(Baca: Lelang Blok Migas Nonkonvensional Tidak Laku)

Ke-15 blok migas itu terdiri dari 10 blok konvensional dan lima blok nonkonvensional. Lelang akan dibuka pada pameran Indonesian Petroleum Association (IPA) bulan depan. Adapun mekanisme pelelangan blok migas konvensional terdiri penawaran reguler dan penawaran langsung.

Untuk penawaran reguler, terdiri dari tiga blok yakni Durian di Kepulauan Riau, East Tanimbar di Maluku, dan Memberamo di Papua. Sisanya melalui penawaran langsung terdiri dari Andaman I dan Andaman II di Aceh, Blok South Tuna di Kepulauan Riau, Blok Merak yang berlokasi diantara Banten dan Lampung, Blok Pekawai di Kalimantan Timur, Blok West Yamdena di Maluku, dan Blok Kasuri III di Papua Barat. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...