Mulai Beroperasi, Tol Tanjung Priok Bisa Tingkatkan Daya Saing RI

Ameidyo Daud Nasution
17 April 2017, 13:15
No image

Akhir pekan lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol akses Tranjung Priok. Jalan tol yang merupakan bagian jaringan tol lingkar luar (JORR) ini akan mampu mengurangi volume lalu lintas dari arah Cawang menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

Jokowi menargetkan akan ada 3.600 kontainer yang akan melewati jalan tol ini setiap harinya dan bisa mempercepat arus barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok. Permasalahan waktu tunggu bongkar muat barang (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok juga diharapkan dapat teratasi.

(Baca: Jadi Hub Logistik, Waktu Timbun di Pelabuhan Harus Turun 92 Persen)

Dengan kapasitas lalu lintas truk kontainer yang sangat besar, keberadaan jalan tol menuju pelabuhan ini akan menambah daya saing Indonesia. Jalan tol ini akan mempercepat barang masuk, sehingga layanan di pelabuhan bisa bisa ditingkatkan dengan baik.

"Karena kecepatan keluar masuk kontainer dapat ditingkatkan," kata Jokowi dalam keterangan resmi Kementerian PUPR, akhir pekan lalu.

Pembangunan jalan tol yang dimulai sejak tahun 2008 ini sempat mengalami permasalahan pengadaan lahan dan ketidaksesuaian mutu beton sebanyak 69 pilar sehingga dilakukan pembongkaran dan pergantian. Dengan kendala tersebut, penyelesaian jalan Tol Akses Tanjung Priok mengalami keterlambatan hingga 5 tahun.

(Baca: Lahan Jadi Penghambat Utama 44 persen Proyek Infrastruktur)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...