Ekonom Lihat Tak Ada Peluang Perubahan Bunga Acuan BI Tahun Ini

Martha Ruth Thertina
20 April 2017, 16:12
Bank Indonesia
Arief Kamaludin|KATADATA

Bank Indonesia (BI) kembali menggelar rapat dewan gubernur untuk menentukan kebijakan bunga acuan, BI 7-Day Repo Rate. Para ekonom meramalkan bunga acuan belum berubah alias masih di level 4,75 persen. Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual bahkan melihat peluang bunga acuan tetap sepanjang tahun.

David mengatakan, kondisi ekonomi domestik sangat baik. Level inflasi terjaga lantaran harga pangan stabil sehingga mengimbangi kenaikan tarif dasar listrik. Di sisi lain, perdagangan internasional juga membaik, yang tercermin dari surplus sebesar US$ 3,92 miliar pada kuartal 1 2017. Defisit transaksi berjalan juga diproyeksi masih terkendali.

Advertisement

“Dengan kondisi sekarang flat bisa sampai akhir tahun,” ujar David kepada Katadata, Kamis (20/4). Sejauh ini, bunga acuan sudah enam bulan berada di level 4,75 persen. (Baca juga: Ramal Rupiah Melemah, Sri Mulyani Perhitungkan Inflasi Dunia dan Lokal)

Kenaikan lebih lanjut bunga dana bank sentral Amerika Serikat alias Fed Fund Rate juga diprediksi tak akan mengerek BI 7-Day Repo Rate, kecuali kenaikannya di luar perkiraan. “Kenaikan Fed Rate dua kali lagi tahun ini sudah diantisipasi (pelaku pasar), kecuali lebih cepat dan agresif,” ujarnya.

Sebelumnya, ekonom dan BI menyebut kenaikan Fed Fund Rate bisa memicu arus keluar modal asing (capital outflow), khususnya dari pasar saham dan obligasi. Sebab, investasi di aset dalam dolar Amerika Serikat bisa semakin menguntungkan. Bila hal itu terjadi, nilai tukar rupiah bisa tertekan. (Baca juga: BI Ramal Dana Asing di Saham dan Obligasi Tergerus Kenaikan Bunga Fed)

Meski begitu, sejauh ini, dana asing terus masuk meski Fed Fund Rate telah naik 0,25 persen ke level 0,75-1 persen pada pertengahan Maret lalu. David mengatakan kenaikan tersebut masih sesuai ekspektasi sehingga arus masuk dana asing (capital inflow) tetap kuat ke negara-negara yang ekonominya tengah berkembang (emerging market), termasuk Indonesia.

Di sisi lain, Ekonom Samuel Asset Management Lana Soelistianingsih juga memproyeksi BI 7-Day Repo Rate bakal masih dipertahankan pada level 4,75 persen bulan ini. Namun, ia melihat adanya peluang kenaikan sebanyak dua kali ke level 5,25 persen tahun ini.

Peningkatan BI 7 Day Repo Rate tersebut dengan asumsi Fed Fund Rate naik tiga sampai empat kali tahun ini menjadi 1,5-1,75 persen. “(Kenaikan BI 7-Day Repo Rate) semester II setelah Fed (bank sentral AS) menaikkan Fed Fund Rate,” ujarnya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement