Hitungan Final KPU: Anies 57,95 Persen, Ahok 42,05 Persen Suara

Penulis: Maria Yuniar Ardhiati

20/4/2017, 22.04 WIB

Pasangan Anies-Sandi unggul di enam wilayah atau semua wilayah DKI Jakarta. Yang paling mencolok, kemenangan pasangan ini di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu

Pilkada DKI II 2017
ANTARA FOTO/Dedi Wijaya
Pasangan calon Gubernur dan Wagub DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berpelukan usai memberikan keterangan pers menanggapi hasil hitung cepat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di Jakarta, Rabu (19/4).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah merampungkan proses penghitungan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua, pada Kamis (20/4) malam. Penghitungan suara tersebut berdasarkan data real count formulir C1 di seluruh 13.034 tempat pemungutan suara (TPS).

Hasilnya, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dipilih oleh 3,24 juta warga Jakarta atau 57,95 persen dari total suara pemilih yang sah. Sedangkan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat menghimpun 2,35 juta suara warga atau 42,05 persen.

KPU mencatat jumlah warga yang berhak memilih gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 sebanyak 7,2 juta orang. Namun, yang menggunakan hak pilih sebanyak 5,59 juta orang. Jika dipersentasekan, ada 22 persen yang tidak memilih alias golput. 

(Baca: Temui JK, Wapres Amerika Kagumi Demokrasi Indonesia dan Pilkada DKI)

Jika dilihat lebih detail, pasangan Anies-Sandi unggul di enam wilayah atau semua wilayah DKI Jakarta. Yang paling mencolok, kemenangan pasangan ini di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu. Padahal, pada Pilkada putaran pertama, pasangan Ahok-Djarot masih unggul di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat.

Berikut ini persentase suara bagi masing-masing pasangan di setiap wilayah. (Baca: Anis-Sandi Menang Pilkada DKI, Harga Saham Saratoga Melejit 24 Persen)

Jakarta Selatan
Anies-Sandi: 62,1 persen
Ahok-Djarot: 37,9 persen

Kepulauan Seribu
Anies-Sandi: 62,0 persen
Ahok-Djarot: 38,0 persen

Jakarta Pusat
Anies-Sandi: 57,7 persen
Ahok-Djarot: 42,3 persen

Jakarta Timur
Anies-Sandi: 61,8 persen
Ahok-Djarot: 38,2 persen

Jakarta Barat
Anies-Sandi: 52,8 persen
Ahok-Djarot: 47,2 persen

Jakarta Utara
Anies-Sandi: 52,7 persen
Ahok-Djarot: 47,3 persen

Meski data yang masuk sudah 100 persen, hasil hitungan real count ini belum menjadi hasil akhir. KPU akan mengumumkan secara resmi hasil Pilkada DKI putaran kedua setelah menyelesaikan hasil rekapitulasi formulir C1 secara manual.

Namun, penghitungan real count formulir C1 tersebut setidaknya telah mengkonfirmasi hasil hitung cepat yang dirilis sejumlah lembaga survei sekitar empat jam setelah TPS ditutup pukul 13.00 WIB, Rabu kemarin. Berdasarkan hitung cepat lembaga survei Indikator Politik Indonesia, Anies-Sandi meraih 57,89 persen suara dan Ahok-Djarot 42,11 persen.

(Baca: Ahok Kalah Quick Count di Semua Wilayah, Anies Gubernur Baru DKI)

Sedangkan lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) merilis hasil hitung cepat yang tak jauh berbeda. Pasangan Anies-Sandi unggul dengan perolehan 58,10 persen suara dan Ahok-Djarot sebanyak 41,90 persen.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha