Hitungan Final KPU: Anies 57,95 Persen, Ahok 42,05 Persen Suara

Maria Yuniar Ardhiati
20 April 2017, 22:04
Pilkada DKI II 2017
ANTARA FOTO/Dedi Wijaya
Pasangan calon Gubernur dan Wagub DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berpelukan usai memberikan keterangan pers menanggapi hasil hitung cepat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di Jakarta, Rabu (19/4).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah merampungkan proses penghitungan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua, pada Kamis (20/4) malam. Penghitungan suara tersebut berdasarkan data real count formulir C1 di seluruh 13.034 tempat pemungutan suara (TPS).

Hasilnya, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dipilih oleh 3,24 juta warga Jakarta atau 57,95 persen dari total suara pemilih yang sah. Sedangkan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat menghimpun 2,35 juta suara warga atau 42,05 persen.

KPU mencatat jumlah warga yang berhak memilih gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 sebanyak 7,2 juta orang. Namun, yang menggunakan hak pilih sebanyak 5,59 juta orang. Jika dipersentasekan, ada 22 persen yang tidak memilih alias golput. 

(Baca: Temui JK, Wapres Amerika Kagumi Demokrasi Indonesia dan Pilkada DKI)

Jika dilihat lebih detail, pasangan Anies-Sandi unggul di enam wilayah atau semua wilayah DKI Jakarta. Yang paling mencolok, kemenangan pasangan ini di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kepulauan Seribu. Padahal, pada Pilkada putaran pertama, pasangan Ahok-Djarot masih unggul di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat.

Berikut ini persentase suara bagi masing-masing pasangan di setiap wilayah. (Baca: Anis-Sandi Menang Pilkada DKI, Harga Saham Saratoga Melejit 24 Persen)

Jakarta Selatan
Anies-Sandi: 62,1 persen
Ahok-Djarot: 37,9 persen

Kepulauan Seribu
Anies-Sandi: 62,0 persen
Ahok-Djarot: 38,0 persen

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...