Bos Freeport Tony Wenas Bicara Soal Bisnis, Lingkungan dan HAM

Miftah Ardhian
21 April 2017, 19:10
Tony Wenas
Katadata

Ketua Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) sekaligus Direktur Eksekutif Freeport Indonesia Tony Wenas mengungkapkan pentingnya menegakan tiga prinsip untuk bisnis yang berkelanjutan. Ketiga pilar utama yang harus dijalankan bersamaan yakni profit (keuntungan), people (manusia), dan planet

Ketiganya, menurut Tony, bermuara pada penegakan Hak Asasi manusia (HAM). "Jadi perusahaan bukan hanya mengejar profit, tapi juga peduli terhadap people dan juga planet," ujar Tony saat acara temu media, di Hotel Aston Kuningan Suites, Jakarta, Jumat (21/4).

Menurutnya, pilar yang pertama yakni mengejar keuntungan sudah pasti dijalankan semua perusahaan. Namun, perusahaan yang ada juga perlu menegakan pilar kedua yaitu unsur manusia, baik pegawai maupun masyarakat luas.

(Baca juga:  Pengusaha Minta Dilibatkan untuk Hadapi Resolusi Sawit Eropa)

Tony mengatakan, perusahaan harus bisa memberikan gaji yang layak dan lingkungan kerja yang nyaman bagi pegawainya. "Contoh karyawan sejahtera, pasti akan betah. Karyawan keluar itu rugi (karena) sudah investasi banyak, kalau ganti baru kita training lagi," ujarnya.

Selain itu, perusahaan juga harus memperhatikan masyarakat sekitarnya, terutama dengan menyalurkan kewajiban berupa corporate social responsibility (CSR). Namun, Tony menekankan, CSR yang dilakukan jangan hanya yang bersifat jangka pendek dan musiman.

Menurutnya, perusahaan harus menetapkan program CSR yang berkelanjutan. Karena, dengan begitu, masyarakat akan mendukung bisnis perusahaan dan meminimalisir dampak demonstrasi yang menjadi kerugian bagi perusahaan.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...