Ingin Kelola Blok Rokan, Pertamina Jamin Produksi Tak Turun

Anggita Rezki Amelia
22 April 2017, 11:00
Migas
Dok. Chevron

PT Pertamina (Persero) berusaha menyakinkan pemerintah mampu mengelola Blok Rokan di Riau. Upaya ini dilakukan agar pengelolaan ladang minyak itu jatuh ke tangannya setelah kontrak berakhir pada 2021.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan, blok yang masih dikelola Chevron Indonesia ini memang menjadi salah satu incaran Pertamina untuk diambil alih. "(Rokan) termasuk salah satu dalam list," kata dia kepada Katadata beberapa hari lalu.

(Baca: Tingkatkan Produksi Migas, Pertamina Bidik 30 Blok)

Meski sudah tergolong blok tua, Blok Rokan memang masih memiliki potensi yang besar. Blok ini bahkan menjadi penyumbang produksi minyak terbesar di Indonesia. Sepanjang kuartal I tahun 2014, produksi minyak dari blok tersebut mencapai 230.170 barel per hari (bph).

Karena itu, cara Pertamina menyakinkan pemerintah agar memberikan hak kelola blok tersebut adalah menunjukkan kinerja yang baik. Salah satunya adalah menjaga tingkat produksi minyak dan gas bumi (migas) agar tidak turun.

Dengan berhasil menjaga tingkat produksi, maka harapannya pemerintah percaya Pertamina sanggup mengelola blok itu. "Untuk meyakinkan ya tentu Pertamina harus menunjukan kinerja yang baik, minimal sesuai dengan harapan Pemerintah," kata Syamsu. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...