Meski BI Pesimis, Darmin Yakin Ekonomi Kuartal I Tumbuh 5 Persen

Desy Setyowati
25 April 2017, 22:05
Darmin Nasution
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution optimistis pertumbuhan ekonomi kuartal I 2017 bisa mencapai 5-5,1 persen. Proyeksi ini lebih tinggi dibanding perkiraan Bank Indonesia (BI) yang hanya 4,94 persen.

“Saya anggap lebih baik (dari perkiraan BI) antara 5-5,1 persen,” kata Darmin di kantornya, Jakarta, Selasa (25/4). (Baca juga: Ekonomi Tumbuh di Bawah Prediksi, BI Tahan Bunga Acuan 4,75 Persen)

Menurut Darmin, ada tiga indikator yang mendasari ramalannya tersebut. Pertama, kenaikan harga komoditas seperti minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan karet. Hal tersebut diyakini mampu menggenjot pendapatan dan konsumsi masyarakat, khususnya di daerah penghasil komoditas seperti Kalimantan dan Sumatera.

Kedua, kenaikan kinerja ekspor yang juga didorong oleh kenaikan harga komoditas. Tahun ini, pemerintah memperkirakan nilai ekspor bisa tumbuh 0,3 persen atau berbalik dari penurunan 1,7 persen tahun lalu.

Terakhir, investasi yang meningkat. “Walau kami belum tahu investasi seperti apa datanya, tapi pasti tidak turun, naiknya seberapa besar saya enggak bisa bilang. Tapi kalau tiga faktor sudah naik, pertumbuhan pasti membaik,” ujar dia. (Baca juga: Resmikan Pabrik Mitsubishi, Jokowi: Otomotif Jadi Sektor Andalan)

Sebelumnya, Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Doddy Budi Waluyo mengatakan pertumbuhan ekonomi pada Kuartal I diperkiraan lebih rendah dari proyeksi awal. Penyebabnya, penjualan ritel tercatat masih rendah yang artinya konsumsi rumah tangga juga belum membaik. (Baca juga: Penjualan Turun, BI: Konsumsi Rumah Tangga Kuartal I Melambat)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...