Bappenas Prediksi Ekonomi Tahun Depan Tumbuh 5,6 Persen

Ameidyo Daud Nasution
26 April 2017, 16:38
Bambang Bappenas
Arief Kamaludin | Katadata

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memprediksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 mendatang akan mencapai 5,6 persen. Faktor yang diharapkan menjadi penopang pertumbuhan itu adalah membaiknya harga komoditas serta iklim invetasi.

“Pertumbuhan ekonomi 2018 diharapkan dapat mencapai kisaran 5,4 hingga 6,1 persen, atau pada titik 5,6 persen,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Rabu (26/4).

Bambang memprediksi bahwa tahun depan siklus ekonomi dunia akan membaik. Dengan demikian, harga komoditas dan investasi diharapkan sama-sama naik. "Jadi ada peluang bagi negara seperti Indonesia untuk memperbaiki kondisi," ujarnya.

(Baca juga: Meski BI Pesimis, Darmin Yakin Ekonomi Kuartal I Tumbuh 5 Persen)

Bambang mengatakan dalam mengejar target tersebut, pemerintah akan berfokus kepada pertumbuhan enam sektor yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Keenam sektor ini adalah industri pengolahan non migas, perdagangan, pertanian, konstruksi, jasa keuangan, serta informasi dan komunikasi.

Bambang juga menjelaskan pemerintah akan secara selektif fokus pada proyek pendorong produktivitas serta meningkatkan kegiatan sektor swasta di bidang logistik serta transportasi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...