Kemenperin Fokus Genjot Daya Saing Industri Pengolahan

Image title
26 April 2017, 20:05
Menteri Perindustriann Airlangga Hartarto
ANTARA FOTO | Akbar Nugroho Gumay

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan kementeriannya akan fokus menggenjot industri pengolahan, khususnya sektor nonmigas. Program tersebut antara lain dilakukan dengan meningkatkan daya saing dan produktivitas industri pengolahan, pertumbuhan populasi industri, serta pengembangan perwilayahan industri di luar pulau Jawa.

Dia mengatakan pemerintah telah menetapkan industri pengolahan, terutama nonmigas sebagai sektor prioritas. industri ini tengah dipacu pengembangannya agar mampu menggerakkan pembangunan dan pemerataan ekonomi nasional. Selama ini kontribusi industri tersebut dinillai mampu membawa efek berganda terhadap penyerapan tenaga kerja, peningkatan nilai tambah, dan penerimaan devisa.

“Kementerian Perindustrian terus fokus mendorong pertumbuhan industri dalam negeri melalui kebijakan strategis berdasarkan arah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2015-2019,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam keterangannya usai menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2017 di Jakarta, Rabu (26/4).

(Baca: Pidato di Amerika, Sri Mulyani Akan Bangkitkan Sektor Manufaktur)

Salah satu upaya menggenjot peningkatan daya saing adalah melalui penguatan kompetensi sumber daya manusia. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan pendidikan vokasi yang menjembatani link and match antara industri dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pada 21 April 2017, Kemenperin menggandeng sebanyak 117 perusahaan menandatangani perjanjian kerja sama dengan 389 SMK dalam upaya menjalankan program pendidikan vokasi industri di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Sasarannya, pada tahun 2019 diharapkan Kemenperin berhasil mencetak satu juta tenaga kerja.

Selain itu, Airlangga juga mengatakan pihaknya akan terus giat mengajak pelaku industri menambah investasi di Indonesia. Hal ini seiring dengan komitmen pemerintah untuk mempermudah perizinan investasi dan memberikan insentif fiskal bagi yang berekspansi. Sektor yang tengah didorong adalah industri padat karya berorientasi ekspor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...