Terhambat Lahan, Pembangunan Pipa Gas Duri-Dumai Tertunda

Miftah Ardhian
27 April 2017, 19:38
pipa gas
Arief Kamaludin | Katadata

Pembangunan pipa gas dari Duri ke Dumai sampai saat ini belum juga rampung. Padahal, Keputusan Menteri (Kepmen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 4975 K/12/MEM/2016 mengamanatkan proyek tersebut selesai kuartal I tahun ini.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk mengatakan, pembangunan pipa gas itu belum selesai karena masalah lahan. Padahal pipa sudah dikirim ke lokasi. “Memang maunya cepat tapi izin pembebasan lahan bukan hal mudah, apalagi di daerah Sumatera," ujar dia saat konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (27/4).

Advertisement

(Baca: Pertamina - PGN Harus Selesaikan Pipa Gas Duri-Dumai Kuartal I-2017)

Dalam aturan yang dikeluarkan Sudirman Said saat menjabat Menteri ESDM, proyek pipa ini dibangun dan dioperasikan secara bersama-sama PGN dan PT Pertamina (Persero). Anggaran proyek ini juga mengggunakan kas kedua perusahaan.

Menurut Dilo, Pertamina dan PGN saat ini juga sudah membagi tugas, salah satunya adalah mengenai pengangkutan gas. Jadi, nantinya PGN fokus mengangkut gas pada industri dan rumah tangga. Sedangkan, Pertamina untuk kilang minyak miliknya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement