MTR Academy Hong Kong Akan Bantu Siapkan SDM MRT Jakarta

Maria Yuniar Ardhiati
2 Mei 2017, 15:50
PT MRT Jakarta
PT MRT Jakarta

Tak sampai dua tahun lagi, moda transportasi massal mass rapid transit (MRT) akan beroperasi di Jakarta. Demi mempersiapkan para eksekutif dan tenaga pengelola transportasi anyar tersebut, PT MRT Jakarta menggandeng MTR Academy Hong Kong Limited. 

Kerja sama tersebut ditandatangani saat kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Hong Kong pada akhir pekan lalu. “Menggali pengalaman dari MTR Academy dalam membangun SDM (sumber daya manusia) Indonesia di MRT Jakarta, akan menjadi investasi berharga bagi sektor perkeretaapian di Indonesia,” kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta, Agung Wicaksono, dalam siaran persnya, Senin (1/5).

Ia menjelaskan, MTR bukan hanya berpengalaman mengoperasikan serta mengembangkan eksekutif dan profesional perkeretaapian di negerinya. Mereka juga berpengalaman membantu SDM pengelola MRT di Inggris, Australia, Swedia, dan Cina. (Baca: Kemenhub Ingin Kembangkan Transportasi Kanal dan MRT Jakarta)

Akademi asal Hong Kong itu juga bersedia memberikan acuan standar internasional untuk pengoperasian dan pemeliharaan perkeretaapian. MRT Jakarta melihat hal ini sejalan dengan target korporasi dalam menyediakan solusi transportasi publik terintegrasi untuk warga Jakarta dan wilayah-wilayah penyangga.

“Dalam kerja sama ini, MTR Academy mendukung pembentukan Akademi MRT Jakarta berdasarkan pengalaman dan pembelajaran mereka,” kata Agung.

Selain itu, Agung melanjutkan, kerjasama antara MTR Academy dan MRT Jakarta tersebut merefleksikan keinginan Presiden Jokowi, agar membawa banyak investasi, bukan mendatangkan tenaga kerja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...