Genjot Ekspor, Jokowi dan Duterte Buka Rute Kapal Roro Davao-Bitung

Maria Yuniar Ardhiati
2 Mei 2017, 10:24
Ro Ro Indonesia Filipina
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte saat peluncuran pelayaran perdana rute laut Roll-on Roll-off (Ro-Ro) Davao/General Santos-Bitung, Pelabuhan Kudos Davao, Filipina, Minggu (30/4).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte membuka jalur kapal roll-on roll-off  (Roro) Davao-General Santos-Bitung pada 30 April 2017 lalu. Menurut Jokowi, momen pembukaan jalur baru ini sangat tepat karena pada 2016 lalu nilai perdagangan antara kedua negara meningkat lebih dari 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Duterte atas komitmen luar biasa dalam mewujudkan rute pelayaran ini,” ucap Jokowi dalam sambutannya.

Advertisement

Apresasi juga disampaikan Jokowi kepada semua pihak baik dari Indonesia maupun dari Filipina yang telah bekerja keras untuk mewujudkan rute ini. “Semoga layanan transportasi laut ini, rute pengiriman ini menjadi simbol persahabatan dan kemitraan antara kedua bangsa kita,” ujarnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan implementasi proyek konektivtas laut ini memberikan peluang besar, baik bagi Indonesia maupun Filipina. “Dilihat dari sisi ekonomi, waktu, maupun peluang dalam meningkatkan perdagangan,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (28/4). (Baca: BKPM: Sektor Maritim Bakal Dominasi Investasi Nasional)

Indonesia dan Filipina menandatangani deklarasi tersebut sebagai tindak lanjut pertemuan BIMP-EAGA Sea Linkages Working Group di Manado pada 19-20 April lalu. Pertemuan tersebut dihadiri perwakilan dari Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina, BIMP Facilitation Centre, BIMP EAGA Business Council (BEBC), dan Asian Development (ADB).

Budi Karya mengungkapkan, pembukaan rute pelayaran kapal Roro baru sebagai hasil penandatanganan deklarasi tersebut berpotensi mengembangkan perekonomian daerah, sekaligus meningkatkan pariwisata dan investasi daerah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement