Kisruh Larangan Cantrang, Menteri Susi Minta Tidak Dipolitisir

Ameidyo Daud Nasution
4 Mei 2017, 17:57
Susi Pudjiastuti
Antara
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rabu (5/4) lalu.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta agar kebijakannya soal larangan penggunaan cantrang tidak dipolitisir. Hal ini, menurut Susi, akan menyulitkan upaya perbaikan yang sedang dilakukannya.

"Saya mohon kepada pejabat, petinggi, politisi, agar tidak menggunakan masa depan bangsa ini sebagai komoditas politik," kata Susi dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman di Jakarta, Kamis (4/5).

Dalam pemaparannya, Susi mengatakan aturan yang dikeluarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ditujukan agar pasokan ikan tangkap dapat terjaga dengan baik. Ia khawatir, apabila alat tangkap tidak diatur, ikan serta biota laut akan segera habis.

(Baca juga:  Kontroversi Cantrang, Cak Imin Bantah Ingin Menteri Susi Dicopot)

Susi mencontohkan aturan soal larangan cantrang. Menurutnya, nelayan yang benar pasti akan mengakui alat ini sebagai instrumen yang merusak lingkungan. Dirinya mengatakan penggunaan cantrang serta pukat telah menghabiskan populasi ikan di Bagansiapiapi. "Dalam dua dekade wilayah itu kehabisan (ikan) karena pukat harimau," katanya.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...