Perempuan Ikut Bekerja Saat Panen, Pengangguran Turun Jadi 7,01 Juta

Desy Setyowati
5 Mei 2017, 17:28
Kejar Target Produksi Gabah
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan, tingkat pengangguran terbuka mencapai 7,01 juta pada Februari lalu. Jumlah tersebut menurun 0,17 persen dibanding periode sama tahun lalu. Penurunan terutama karena angka pengangguran di pedesaan menurun tajam.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto memaparkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di pedesaan turun cukup besar dari 4,35 persen pada Februari 2016, menjadi 4 persen pada Februari 2017. Di sisi lain, TPT di perkotaan hanya turun tipis dari 6,53 persen menjadi 6,5 persen.  

“Tingkat pengangguran di desa turun lebih tajam daripada di kota,” kata Suhariyanto di kantornya, Jakarta, Jumat (5/5). Dengan perkembangan itu, maka TPT secara keseluruhan turun dari 5,5 persen menjadi 5,33 persen pada Februari 2017. (Baca juga: Pemerintah Permudah Akses Modal untuk Pemerataan Ekonomi)

Deputi Bidang Statistik Sosial BPS M Sairi Hasbullah menjelaskan, pengangguran yang menurun tajam di perdesaan karena diserap oleh sektor pertanian. Penyebab utamanya, panen raya yang terjadi pada kuartal I tahun ini. Tahun lalu, panen raya baru terjadi di kuartal II.

“Dengan begitu daya serap tenaga kerja sektor pertanian lebih tinggi di Februari 2017 dibanding 2016, karena itu angka penganggurannya pun lebih rendah,” tutur Sairi.  (Baca juga:Mentan Tingkatkan Luas Lahan Tanam Padi 7 Juta Hektare Tahun Ini)

Meningkatnya daya serap tenaga kerja di sektor pertanian berimbas pada meningkatnya partisipasi angkatan kerja perempuan. Sebab, perempuan turut membantu memanen ketika panen raya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...