Ada Masalah Keamanan, OJK: Bank Mandiri Lakukan Langkah Cepat

Miftah Ardhian
Oleh Miftah Ardhian - Martha Ruth Thertina
9 Mei 2017, 13:51
Muliaman OJK
Arief Kamaludin | Katadata

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengakui adanya persoalan keamanan dalam sistem Mandiri Online. Meski begitu, Ketua OJK Muliaman Haddad meyakini Bank Mandiri telah melakukan langkah cepat dalam mengatasi persoalan yang telah membuat saldo 97 nasabahnya berkurang.

Muliaman mengatakan, pihaknya sudah meminta kepastian dari Bank Mandiri terkait integritas, sebab kepercayaan konsumen harus terus terjaga dengan baik. “Saya kira Bank Mandiri juga sudah mengambil langkah-langkah cepat,” ujar Muliaman saat ditemui di Gedung Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (8/5) malam. (Baca juga: Nasabah Korban Mandiri Online Ungkap Transfer Dana Misterius)

Dalam penelusuran Katadata, beberapa nasabah menemukan uangnya tertransfer ke sejumlah rekening di berbagai bank. Nilai dana yang tertransfer hingga mencapai ratusan juta rupiah. Namun, Bank Mandiri menduga dana nasabah berkurang karena kekeliruan sistem. Artinya, dana nasabah tidak hilang. Bank Mandiri pun meyakinkan saldo nasabah yang terdampak bakal dikembalikan ke besaran semula.

(Baca juga: Bank Mandiri: 97 Nasabah Keliru Sistem Mandiri Online Sudah Ditangani)

Meski meyakini masalah telah tertangani, Muliaman mengaku belum menerima laporan lengkap mengenai detail persoalan yang terjadi. Maka itu, ia belum bisa memastikan penyebab pasti berkurangnya dana nasabah, apakah karena kekeliruan sistem seperti yang berkali-kali disampaikan Bank Mandiri, atau adanya upaya pembobolan oleh orang tak bertanggung jawab. “Nantilah, kami akan terima laporan lengkapnya apa yang sedang terjadi," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...