Menperin: Tumbuhnya Kegiatan Industri Akan Mendongkrak Impor

Image title
10 Mei 2017, 13:05
Buruh Pabrik Sepatu
Arief Kamaludin|KATADATA
Aktifitas pekerja Pabrik Sepatu dilokasi pabrik PT Adis Dimension Footwear di Balaraja Barat, Tangerang, Provinsi Banten, Senin (5/10).

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, kontribusi industri pengolahan nonmigas terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 20 persen pada kuartal I 2017. Porsinya naik dari kuartal sama tahun lalu yang sebesar 18 persen.

“Kenaikan yang juga cukup menggembirakan terlihat dari nilai ekspor hingga 22 persen,” katanya di Jakarta, Selasa (9/5).

Airlangga juga menekankan, salah satu peran penting pada industri manufaktur adalah menciptakan nilai tambah produk. Meskipun peningkatan produksi juga berdampak pada kenaikan impor barang modal dan bahan baku sehingga menunjukkan peningkatan investasi.

 (Baca juga: Pemerintah Targetkan Produksi Plastik Ramah Lingkungan Naik 5 Persen)

Ia mencontohkan impor kapas untuk mendukung industri tekstil di Indonesia. “Meski impor kapas meningkat, perlu diketahui bahwa kapasitas produk pakaian dan sepatu olahraga dalam negeri telah melampaui Tiongkok. Bahkan, 30 persen dari merek Amerika Serikat diproduksi di Indonesia,” katanya.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...