Pemerintah Gandeng Jerman untuk Kembangkan Kurikulum SMK

Image title
12 Mei 2017, 20:38
vokasional
ANTARA FOTO/Feny Selly
Siswa sekolah kejuruan Teknik Mesin menjelaskan prinsip kerja mesin motor kepada pengunjung dalam acara Expose SMK Negeri 2 Palembang, Sumatera Selatan, 7 Desember 2016.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro dan Menteri Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Jerman Gerd Muller menandatangani kesepakatan kerjasama pengembangan pendidikan vokasi.

”Kerja sama ini dijalin untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, berkeahlian, dan sesuai dengan kebutuhan industri, dan pembangunan nasional,” kata Bambang di kantornya, Jumat (12/5).

Bambang mengatakan, kerja sama tersebut merupakan realisasi dari komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kanselir Jerman Angela Merkel dalam pertemuan di Berlin, April 2016 lalu.

(Baca juga:  Pengusaha Jerman Bantu Indonesia Kembangkan Pendidikan Vokasi)

Dalam kesepakatan yang diteken hari ini, Pemerintah Jerman juga berkomitmen untuk turut mengembangkan kurikulum pendidikan vokasi dan pengembangan sistem sertifikasi kompetensi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia.

Selain itu, kedua negara akan aktif melibatkan perusahaan swasta dalam mengembangkan pendidikan vokasi di sekolah-sekolah kejuruan. Program ini juga akan difokuskan untuk mendukung sektor industri unggulan daerah.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...